Honda Step WGN Jadi Sorotan di GIIAS 2024: MPV 7-Seaters Penantang Toyota Voxy dan Nissan Serena

Honda Step WGN Jadi Sorotan di GIIAS 2024: MPV 7-Seaters Penantang Toyota Voxy dan Nissan Serena
| | 0 Comments| 3:39 pm
Categories:

Honda Step WGN Jadi Sorotan di GIIAS 2024: MPV 7-Seaters Penantang Toyota Voxy dan Nissan Serena

Pada pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 pada 18-28 Juli, Honda memamerkan lima model mobil listrik. Model-model ini akan tampil perdana di Indonesia. Ada di antaranya pertama kali hadir di Asia Tenggara yaitu All New Honda Step WGN.

Ada tiga mobil listrik Honda dalam model sport utility vehicle (SUV), serbaguna (multipurpose vehicle, MPV), dan sedan tanpa bagasi (hatchback). Model-model tersebut adalah Honda e, sebuah SUV listrik murni yang berbasis HR-V; Honda Step WGN dengan varian hybrid; dan Honda Sustaina C hatchback EV.

“Kami belum bisa informasikan spesifik modelnya apa. Yyang pasti akan ada model mobil listrikbaru yang ditampilkan di GIIAS,” kata Yulian Karfili (Public Relation & Digital Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor, HPM).

Salah satu model yang menarik untuk spekulasi pasar di Indonesia adalah MPV Honda Step WGN e. Jika Honda meluncurkannya di Indonesia, Step WGN akan langsung masuk ke segmen persaingan yang dihuni oleh Toyota Voxy dan Nissan Serena. Ini akan membuat pasar MPV mewah berukuran medium menjadi lebih kompetitif dan menarik.

Sebelum ini Nissan telah mengonfirmasi akan meluncurkan Serena C28 di pameran GIIAS dengan varian teknologi e-Power. Artinya, rival terdekat Step WGN saat ini adalah Nissan Serena C28 e-Power yang juga menggunakan teknologi hybrid. Ketiga mobil ini sebenarnya sebanding karena sama-sama diluncurkan ke publik Jepang pada tahun 2022.

Honda Step WGN hadir pada 7 Januari 2022. Toyota Voxy bersama kembarannya, Toyota Noah, diperkenalkan pada 13 Januari 2022. Serena generasi ke VI hadir pada 13 November 2022. Masuk dalam peta persaingan MPV premium mid-size, Honda secara resmi akan menjadi pemain baru di kelas yang sudah didominasi oleh Toyota dan Nissan.

Generasi VI dari Honda Step WGN berbentuk kotak lebih tegas dibandingkan sebelumnya. Tampilannya minimalis dan lugas, tak seheboh generasi sebelumnya yang dilengkapi dengan spoiler di bagian depan dan sisi kiri-kanannya. Desain yang sederhana ini menunjukkan kedewasaan tersendiri, dengan kesan modern namun tetap stylish dan berwibawa.

Keunikan generasi V pada pintu belakangnya, yang disebut sebagai pintu Waku Waku, ditanggalkan dan diganti dengan pintu konvensional yang dioperasikan secara otomatis. Pintu Waku Waku adalah fitur yang membuat  Step WGN unik dibandingkan para rivalnya, karena dapat dibuka ke atas atau sebagian ke samping, yang lebih praktis.

Tak ada perubahan drastis pada interior Step WGN dari generasi sebelumnya, terutama dari desain dashboard. Layar infotainment bergaya floating 11,4 inci menyajikan informasi yang mudah dibaca dan diklaim user-friendly. Pada penumpang belakang tersedia layar 15 inci yang menempel di plafon baris tengah. Sistem infotainment ini terhubung dengan  Honda Connect dan Honda Sensing.

Baris kedua dilengkapi dengan captain seat yang memberikan kesan eksklusif, lega, dan mewah. Generasi terbaru ini sudah dilengkapi dengan penopang kaki untuk lebih memanjakan penumpang selama perjalanan.

Varian Step WGN e mengandalkan mesin Atkinson Cycle 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 144 horse power dan torsi puncak 175 Newton-meter. Total output yang dihasilkan adalah 182 horse power dan torsi 315 Newton-meter. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mampu menempuh 20,3 kilometer per liter berdasarkan penghitungan Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle (WLTC). Kinerja mesin ini dipadukan dengan transmisi e-CVT yang menyalurkan tenaga ke roda depan.

Mobil ini memiliki panjang 4.800-4.830 milimeter, lebar 1.750 milimeter, tinggi 1.840-1.855 milimeter, dan wheelbase 2.890 milimeter. Ia menjadi yang paling besar di antara kedua rivalnya tersebut. Honda Step WGN Step WGN akan menjadi rival sengit bagi Nissan yang mengandalkan  Serena e-Power. Dari sisi performa, keduanya dapat dikatakan bersaing ketat.

SUMBER. gaikindo.or.id