5 Cara Periksa Kaki-Kaki Mobil Sebelum Mudik Lebaran 2023

5 Cara Periksa Kaki-Kaki Mobil Sebelum Mudik Lebaran 2023
| | 0 Comments| 10:02 am
Categories:

5 Cara Periksa Kaki-Kaki Mobil Sebelum Mudik Lebaran 2023

TRENOTO – Masa mudik Lebaran 2023 kurang dari satu bulan lagi. Sebab pemerintah sudah menetapkan cuti bersama beberapa waktu lalu.

Hal itu tertuang pada Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sehingga cuti bersama Lebaran 2023 menjadi 19, 20, 21, 24 sampai 25 April.

Nah biasanya masyarakat memilih mobil sebagai kendaraan utama buat mudik. Sebab memiliki berbagai kelebihan ketika digunakan.

Mulai dari bisa memilih rute, waktu keberangkatan hingga tidak khawatir barang bawaan akan hilang. Kendati demikian Anda wajib melakukan persiapan.

Salah satunya adalah melakukan pemeriksaan kaki-kaki mobil. Sebab bagian ini berperan penting saat kendaraan dipakai ketika mudik Lebaran 2023.

5 Tips Periksa Kaki-kaki Mobil

Mengutip laman Auto2000, terdapat beberapa cara untuk memeriksa kaki-kaki kendaraan roda empat yang dimiliki. Berikut ulasannya.

  1. Periksa Kondisi ban

Hal pertama dilakukan adalah dengan memperhatikan kondisi ban. Biasanya jika sudah aus maka ditandai tapaknya semakin tipis bahkan jika sudah parah sampai keluar benangnya.

Bila menemukannya Anda wajib mengganti ban sama yang baru. Kemudian pastikan menjaga tekanan angin sesuai rekomendasi dari pabrikan.

2, Keadaan Pelek Rusak

Selanjutnya cara mengetahui kaki-kaki mobil bermasalah adalah pelek yang penyok atau retak. Dengan begitu Anda harus memperbaikinya atau mengganti.Bila dibiarkan terus menerus maka bakal menimbulkan bahaya. Pengendalian mobil jadi kurang stabil saat digunakan di jalan raya.

Tentu Anda tak ingin terjadi hal-hal tidak diinginkan sama anggota keluarga bukan.

3, Bearing Roda

Faktor usia atau kilometer sudah tinggi sering mengakibatkan bearing roda menjadi aus atau kering. Guna memeriksanya bisa mendongkrak kendaraan, lalu putar ban searah jarum jam.

Jika terasa bergetar atau mengeluarkan suara, maka bearing roda sudah aus. Biasanya juga ditemukan ketika sedang dijalankan, bakal ada bunyi mendengung.

Semakin cepat laju mobilnya maka kian kencang suaranya yang keluar.

4, Lihat kondisi Tie Rod

Tie rod merupakan komponen yang meredam getaran karena putaran di kemudi. Untuk memeriksanya dapat mendongkrak mobil terlebih dahulu.

Setelah terangkat pegang ban lalu gerakkan ke kiri dan kanan, seperti seakan-akan mau berbelok. Jika terdengar bunyi, berarti ada masalah padanya, segera ke bengkel terdekat guna memperbaikinya.

5, Shockbreaker Rusak

Sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran 2023, baiknya memeriksa keadaan shockbreaker terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melewati jalan tidak rata.

Rasakan kendaraan Anda,pastikan mobil tidak mengalami guncangan yang keras dan ada bunyi tidak wajar. Kemudian lihat kondisi fisiknya, apakah mengalami rembes atau kebocoran.

SUMBER : trenoto.katadata.co.id